Pengalaman Ganti Token Mandiri yang Baterainya Habis

Intro

Beberapa minggu lalu, tetangga saya menghubungi untuk meminta tolong untuk bayar SPP sekolahnya lewat Internet Banking mandiri, tapi doi nanti bayar cash ke saya. Kebetulan di lingkungan rumah, hanya beberapa orang yang menggunakan Internet Banking di rekeningnya, salah satunya saya sendiri. Apesnya, ketika mau transfer, si token ini ngambek. Saat dihidupkan si token muncul error “batt d4” atau “batt dx” bla bla ..

Token Mandiri Error

Modyaaaar, mana si tetangga ini butuhnya urgent :-D. Kebetulan juga saya gak mengaktifkan mobile banking, hanya internet banking saja. Ya terpaksa nya saya minta maaf ke tetangga, kalau internet banking saya lagi error dan gajadi bisa bantu. Ah, alamat bakalan susah juga buat transaksi toko onlen.

Usaha Dahulu

Akhirnya saya coba gugling kesana kemari, ternyata penyebabnya dikarenakan baterai tokennya habis dan kalau gantinya itu bayar 100 rebu. Alah modyar, masa sih sampe bayar juga wkwk. Saya lupa artikel mana.

Kemudian saya coba ganti baterai token dengan baterai yang baru, sudah beli batere baru, terus bongkar token, pasang batere baru, pas dicoba sama wae pesan errornya seperti gambar diatas, saya malah curiga masya iya kalo ganti batere baru masih belum bisa. Jangan-jangan bukan karena batere.

Tapi, setelah dibaca ternyata untuk token mandiri merek vasco harus ada beberapa settingan, entah pake avo meter atau apa dan ribet karena saya gak ada basic di elektronik :(.

Akhirnya saya memutuskan untuk ke bank mandiri saja untuk coba ganti token, siapa tahu gratis. Ndilalah nyaaaa….. Pak Boss pergi umroh, jadi ndak bisa minta izin buat ke bank, dan terpaksa saya kudu sabar buat beli barang :-D.

Kemudian hari rabu tanggal 12 April 2017 atau seminggu yang lalu tepatnya, saya ada tugas kunjungan ke salah satu klien di Wisma Nusantara Bunderan HI dengan salah satu staff buat meeting. Pas disana, gak sengaja nemuin kantor cabang Bank Mandiri. Kayaknya boleh juga kalau sekalian kesini habis pulang mampir kesini, ucap saya dalem hati.

Oke, meeting selesai. Saya kelantai bawah, ambil KTP di resepsionis dan masuk ke Kantor Bank Mandiri Cabang Wisma Nusantara Bunderan HI. Ndilalah saya baru inget kalo saya ndak bawa BUKU TABUNGAN

Oalaaaah, yasudah daripada nanggung saya coba aja siapa tau bisa.

Saya masuk ke Bank Mandiri dan disapa ramah sama securitynya, dan ditanya ada yang bisa dibantu atau tidak. Saya bilang “mau aktivasi MBanking dan ganti token, pak“. Beliau menanyakan saya apakah bawa buku tabungan, ATM, KTP. Modyar, dugaan saya bener kan, kudu bawa buku tabungan juga. Dan saya terus terang kalau saya ndak bawa buku tabungan, tapi atm dan ktp bawa. Alhamdulillah, kata pak security “Oh yasudah, silakan isi form dan ini nomor antriannya” sambil ngasih form isian ke saya. Thank you pak.

Habis isi form, gak lama sekitar 2 menit, nomor antrian saya dipanggil (Suasana relatif sepi nasabah, yeaaay). Disambut ramah sama CS, kemudian saya jelaskan ke CS bahwa :

  1. Token saya begini, bla bla bla,
  2. Mau aktifkan mobile banking sekalian
  3. Ganti alamat email internet banking
  4. dll.

Di akhir saya jelaskan kalau saya ndak bawa buku tabungan, karena saya disini kebetulan kunjungan ke klien dan sekalian ke bank mandiri :-D.

Alhamdulillah, rezeki anak soleh. Gusti allah memudahkan urusan saya, kata mbak resepsionisnya ndak apa-apa gak bawa buku tabungan namun nanti data sama KTP nya diverifikasi saja dan ganti token GRATIS men.. hati saya udah lega disana.

Sembari CS ganti token, saya ajakin ngobrol, kebetulan mbaknya juga cantik jadi saya basa-basi aja ke CS nya :-D.

Kemudian, habis urusan token beres, saya dan mbak CS jalan ke ATM untuk mengaktifkan Mobile Banking. Habis ke ATM, balik ke meja CS dan tadaaa …

Mandiri Mobile (Sekarang Mandiri Online) saya AKTIF. Top buat CS dan pak securitynya. Alhamdulillah sangat mudah dan ramah pelayanan di Mandiri ini.

Tips Ganti Token

Jadi Gaes, ganti token di Bank Mandiri ini tidaklah sulit selama kerusakan pada token bukan terjadi pada sisi kita (user). Misalkan hilang atau kelindes tokennya jadi rusak, itu nanti nya jadi bayar.

Oke, ini ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan sebelum datang ke CS Mandiri untuk mengganti token :

  1. Buku Tabungan
  2. ATM
  3. KTP
  4. Jangan lupa nama Ibu Kandung 😀 (nanti ditanya)
  5. Dateng Lebih awal (supaya nggak ngantri)

Dan gak usah takut kalau dateng ke Bank, relax saja gak digigit sama CS nya :-D.

Semoga bermanfaat 😀

 

2 thoughts on “Pengalaman Ganti Token Mandiri yang Baterainya Habis

  1. saya mengalami hal yang sama setelah menggunakan token sejak 9 tahun lalu. Token sering muncul tulisan batt04, walaupun setelah dienter tulisannya hilang dan masih dapat difungsikan. Namun khawatir suatu saat benar2 hang pada saat dibutuhkan, lebih baik sy googling dulu dan ketemu thread agan ini. Selain tulisan agan ini ada juga yg cerita mesti bayar 100 rebu, karna token dianggap rusak. Tadi saya coba ke mandiri, solusinya token saya diganti baru dengan bayar 20 rebu…lumayanlah

    1. waaah, thanks atas sharingnya gan. keren banget kalo masih bisa dugunain mah :D.

      sebelumnya saya juga baca-baca artikel berbeda-beda. ada yang ganti kena 100 ribu, ada yang gratis. ada yang utak atik sendiri pake avomenter juga malah 😀

      alhamdulillah saya sendiri free tidak dikenakan biaya, karena saya baca sendiri kalo kesalahan mesinnya tidak dikenakan biaya namun kalau kesalahan pengguna bisa dikenakan biaya.

      thanks buat laporannya gan, semoga berguna buat referensi yang hendak ganti token juga. 🙂

Leave a Reply