Memulai Mimpi Sejak Dini

Biasanya, dipagi hari sebelum mulai bekerja saya dan team melakukan briefing yang dipimpin oleh Pak Bos. Pada saat briefing biasanya kami membahas beberapa hal terkait pekerjaan-pekerjaan yang ada terkait project atau pengembangan layanan perusahaan agar kedepannya lebih baik lagi.

Setiap briefing yang ada selain membahas hal-hal yang bersangkutan, kadang pak boss juga mengarkahkan agar kami menjadi lebih baik lagi baik dalam pekerjaan maupun diri sendiri. Saya sangat senang, mindset setiap staff dituntut untuk berkembang dan harus bekerja lebih giat lagi.

Waktu itu, salah satu topik yang dibahas adalah mengenai pembuatan laporan dan tidak lama kemudian menyambung ke planning kehidupan, lha ?

My boss said, jika kita ingin membuat laporan yang harus pertama dilakukan adalah membuat outline atau kerangka laporan. Jadi buat terlebih dahulu poin-poin yang akan dimuat pada laporan tersebut, sehingga pada saat pembuatan laporan kita jadi lebih mudah untuk menentukan isi dari laporan tersebut, kebetulan saat itu saya sedang membuat laporan untuk penutupan project salah satu Lembaga Pemerintahan di Cibinong, cieeeh, sombong dikit ah ­čśŤ

[fx-photo-tag id=”laporan”]

Begitu pula juga dengan hidup yang kita miliki, kita harus mempunya beberapa rencana/planning untuk hidup kita kedepannya nanti, agar kita tahu kita hidup untuk apa dan apa yang akan kita kejar untuk hidup kita kelak.

Caranya bisa mengambil contoh dari outline laporan, ibarat outline itu sebagai mimpi/rencana kita dikehidupan, yang pertama kita lakukan yaitu menulis mimpi-mimpi atau tujuan yang ingin kita raih.

Setelah semua ditulis, saya mulai membuat target kapan rencana tersebut harus terwujud, gamau tau dan gaboleh lewat dari waktu yang ditentukan, dari sekian rencana yang banyak tersebut saya mulai membuat Breakdown :

  1. Rencana Tahunan
  2. Rencana Bulanan
  3. Rencana Mingguan
  4. Rencana Harian

Kemudian saya menuliskan rencana/mimpi dan menentukan dimana rencana┬átersebut┬áharus ditempatkan, apakah dilakukan kapan dengan begitu hidup saya lebih teratur dan memiliki arah, walaupun kadang ada beberapa rencana yang memang terlewat deadline karena beberapa sebab ­čśÇ maklum lah kadang kenyataan tak sesuai ekspetasi haha, saya ingin berterima kasih banyak kepada pak boss, yang banyak membantu saya ­čÖé

Oh ya, saya menulis beberapa rencana saya menggunakan aplikasi Wunderlist, aplikasi ini sangat bagus, ini aplikasi untuk to do list jadi mudah digunakan :

to-do

Disana saya banyak masukin rencana/mimpi saya yang memang ga masuk akal hehe, ya gapapalah namanya juga mimpi tulis aja sesukamu.

Salah satu penyesalan saya kenapa dari dulu ga seperti ini, sejak SMK, SMP atau bahkan sejak masih kecil sehingga ketika sekarang saya tidak kaget seperti sekarang ini :(, memasuki dunia yang saya belum saya masuki dan tidak ada rencana apa-apa dan tujuan. Namun sebelum semua terlambat saya harus memulai dari sekarang, kalau bukan sekarang kapan lagi ? eaaa

Oh ya saat itu saya terpikir, kebetulan salah satu adik perempuan saya saat ini masuk SMP, saya terpikir bagaimana nanti dia menjalani kehidupan dia yang baru dengan teman baru, pergaulan yang baru,dll apakah bakal jadi seperti abanngnya BLANGSAK ! saya tidak tahu. Akhirnya saya mulai memberikan arahan kepada adek saya untuk membuat beberapa planing yang ia inginkan supaya mereka lebih baik dari ABANGNYA, dan yah pokoknya lebih baik gak kayak abangnya ini.

Oh iya, saya punya dua adik yang satu namanya Meliana/Eneng, dia yang baru mau masuk SMP/MTs, yang satu lagi namanya safira, beda 2 tahun dari Meliana.

Kemudian mereka menuliskan mimpi-mimpi dan rencana mereka dan eneng nulis begini katanya :

Gw Bulan ini pengen memiliki jam tangan yang bagus dan dapet nilai UN yang memuaskan dan tidak mengecewakan. Gw pengen banget punya hape dan gw pengen belajar leptop yang tidak mengerti jadi mengerti, gw juga ingin selalu bisa banggain orang tua dan keluarga dengan mendapatkan nilai UN yang bagus dan semoga gw tidak salah milih SMP yang sekarang ini, semoga disekolah ini gua meraih prestasi dan gua pengen bisa jadi cewe yang bisa main gitar tapi cukup sulit belajarnya :(.

Gw bercita-cita ingin jadi dokter yang bisa membantu orang sakit dan menyembuhkannya dan semoga impian gw tercapai semua

Pas ngebaca, saya agak sedikit ketawa wkwk, ya tapi ada rasa seneng dikit lah hehe karena ada beberapa yang dia tulis itu udah tercapai di bulan ini, seperti punya jam tangan yang bagus karena kemaren kebetulan dia beli dengan duit tabungan doi dan beli dipasar malem haha and then pas kebagian nem UN┬ákebetulan nem dia diatas saya waktu SD ­čÖü wkwkw

Sebenernya ada satu lagi tulisan fira buat dimasukin cuma kebetulan kertasnya ilang, nanti saya cari lagi hehe. Saya sebagai saudaranya cuma bisa mendoakan dan memberikan dorongan kecil agar impian mereka terwujud

Pokoknya ditempat kerja itu saya banyak banget dapet motivasi-motivasi daah, and i want to say thanks to my boss and team excellent, semoga kita bisa melakukan yang terbaik bersama eaaa.

2 thoughts on “Memulai Mimpi Sejak Dini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.