Instalasi Pandoc pada MacOS

Intro

Beberapa hari belakangan ini, saya sedang mencari beberapa text editor yang simple dan bisa diedit dimana saja tanpa harus punya LibreOffice ataupun Microsoft Word. Tujuannya supaya lebih mudah dan lebih fleksible kalau saya sedang dapat insiprasinya dalam mode mobile, karena terkadang inspirasi untuk menulis datang bisa kapan saja. Akhirnya lewat blog pak Endy Muhardin saya belajar mengenai Pandoc dan beberapa text editor lainnya seperti Docbook.

Kebetulan didalam pekerjaan saya kadang saya harus membuat panduan penggunaan bila ada client yang order VPS Zimbra, setiap ada klien yang order juga harus mengedit kembali filenya sesuai dengan nama perusahaan. Bila harus membuka Libre Office sepertinya gak simple dan akhirnya senior saya menyarankan untuk menggunakan Markdown dan Pandoc sebagai alternatif untuk membuat panduan, akhirnya saya pun mengunjungi blog pak Endy untuk belajar dan ini sangat sesuai dengan apa yang saya cari, karena nantinya pekerjaan ini akan diberikan oleh anak magang juga.

Apa itu Pandoc dan Markdown

Jika merujuk wikipedia. Markdown adalah sebuah markup bahasa yang ringan karena dapat dibuat dengan menggunakan format teks sehingga dapat dikonversikan ke format HTML atau yang lainnya. Format yang digunakan markdown adalah .md. Jika anda sering menggunakan github untuk membuat readme atau catatan pada project anda, format yang anda gunakan adalah markdown. Jika anda pernah menulis di wikipedia, anda tidak perlu khawatir untuk belajar markdown karena format yang digunakan pun hampir sama :-D. Markdown dapat anda tulis di teks editor yang ringan seperti KWrite (KDE), Gedit, nano, vim atau yang lainnya.

Lalu apa hubungannya dengan pandoc?

Nah si pandoc ini adalah sebuah tools yang dapat menjembatani jika anda ingin membuat panduan yang anda buat dengan markdown ke format PDF. Pada Pandoc ini anda dapat menentukan format dokumen anda seperti, header, footer ataupun marginnya sendiri.

Jadi, Markdown tidak dapat dikonversikan langsung keformat PDF. Nah, sebelum anda mengkonversikan dari Markdown menjadi PDF, si pandoc ini akan mengubah dahulu si markdown ke format LaTeX terlebih dahulu, kemudian dikonversikan keformat PDF. Apalagi tuh LaTeX ? silakan baca sendiri di link berikut: https://www.latex-project.org/

Kalau tutorial instalasi pandoc di Linux sepertinya saya sudah sering menemukan, kebetulan Laptop yang saya gunakan menggunakan Mac jadi berikut cara instalasi Pandoc di MacOS.

Instalasi Pandoc

mkdir pandoc-extract
cd pandoc-extract
xar -xf ../pandoc-1.19.1-osx.pkg
cat pandoc.pkg/Payload | gunzip -dc | cpio -i
  • Setelah di ekstrak, maka dalam folder pandoc-extract terdapat folder .usr/ dimana isinya terdapat file binary pandoc dan manual user pandoc. Untuk menjalankan perintah pandoc anda harus masuk ke folder pandoc-extract dan menjalankan perintah berikut ./usr/bin/pandoc
  • Nah, agar pandoc dapat ada eksekusi pada folder mana saja, silakan copy file yang telah di extract tadi ke folder /usr.
cp -rvf /Users/namauser/Downloads/pandoc-extract/usr/ /usr/

Instalasi LaTeX Sebagai PDF Output

Supaya kita bisa menghasilkan output PDF, pandoc membutuhkan LaTeX seperti yang sebelumnya disampaikan, untuk LaTeX di Mac bisa menggunakan MacTex. Aplikasi MacTex sendiri sudah tersedia modulnya secara lengkap namun filenya bisa mencapai beberapa gigabyte.

Jika kapasitas mac anda besar silakan gunakan MacTex. Namun kalau saya menggunakan alternatif lain yaitu BasicTex. Ini versi lebih kecilnya dari MacTex agar lebih hemat kapasitas hardisk. Namun kita harus menginstal manual beberapa paket yang dibutuhkan untuk membuat output PDF. Untuk instalasinya bisa mengikuti langkah berikut :

sudo tlmgr update --self
sudo tlmgr install titlesec framed threeparttable wrapfig multirow enumitem bbding titling tabu mdframed tcolorbox textpos import varwidth needspace tocloft ntheorem environ trimspaces collection-fontsrecommended
  • Oke, pandoc siap untuk digunakan.

Sedikit Penggunaan Pandoc

Karena judul yang saya tulis yaitu instalasi Pandoc saja untuk MacOS, jadi disini saya tidak akan membahas secara tuntas penggunaan pandoc. Jika ingin mempelajari lebih lanjut terkait markdown bisa mengunjungi blog nya pak Endy Muhardin atau bisa ke situs resminya pandoc sendiri. Silakan di eksplor lebih lanjut.

Oke, penggunaan Pandoc disini cukup mudah, untuk mengkonversikan dokumen markdown yang telah anda buat menjadi PDF, cukup jalankan perintah berikut :

pandoc -o nama-dokumen.pdf file-markdown.md

Opsi -0 adalah nama output file pdf yang akan dihasilkan, dan file-markdown.md adalah file markdown yang ingin dijadikan sebagai pdf.

Kesimpulan

Markdown dan Pandoc ini menurut saya bisa jadi solusi untuk anda yang memang suka membuat dokumentasi atau semacam panduan, sebagai alternatif dari LibreOffice atau MS Word. Markdown dan Pandoc ini masih banyak yang harus saya pelajari. Mungkin kedepannya saya akan menjadikan Markdown dan Pandoc ini sebagai senjata utama saya untuk membuat dokumentasi karena penggunaan yang tidak terlalu sulit.

Namun tidak menutup kemungkinan juga saya menggunakan software lain :-D. Oke mungkin itu sedikti penjelasan dari saya, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply