Instalasi Line Messenger pada openSUSE Leap 42.1

Muqadimmah

Saat ini, sudah banyak sekali aplikasi messenger yang digunakan di Android dan juga di PC pada sistem operasi Linux. Seperti WhatsApp, Telegram atau Facebook Messenger. Salah satu kelebihannya, Ke-3 Aplikasi tersebut dapat dijalankan via Web Browser.

Kadang ketika saya sedang online di laptop dan ada pesan masuk dari Android saya, saya harus ribet. Buka Pattern lock kemudian Buka Aplikasinya, dan ketika dibuka kadang lemot ahhh ….. Menghabiskan waktu saja wkwkw ūüĎŅ .

Seenggaknya dengan Laptop spesifikasi yang, yaaaa….. lumayan lah saya bisa menjalankan aplikasi tersebut di laptop dan tidak perlu buka-buka Hape, Make it Simple broh ūüėČ

Namun ada salah satu aplikasi chat android yang lumayan sering saya gunakan untuk chatting di Android. Namun hanya dapat dijalankan via Windows dan tidak bisa digunakan via web seperti ke 3 aplikasi yang sudah saya sebutkan diatas. Apakah aplikasi tersebut ??

Sebut saja “LINE Messenger“. Lha namanya memang itu wkwkw. Aplikasi ini banyak digunakan bagi kalangan muda seperti saya :-p. Eits, yang tua juga boleh kok asal jangan bablas. Line sudah dapat digunakan pada Windows, MacOS. Namun sayang sekali, secara official, LINE belum dapat diterapkan¬†untuk Linux.

Supaya dapat menjalankan di Linux, terutama openSUSE Leap saya. Cara mengakalinya dengan menggunakan “wine”. Kalo belum tahu wine langsung ke Situs Resminya saja¬†https://www.winehq.org/. ¬†Secara singkat wine adalah emulator untuk aplikasi windows pada Linux. Berikut cara Instalasi Line pada OpenSUSE Leap 42.1 :

Install Wine

Sebelum menginstall Line, instal terlebih dahulu wine versi terbarunya. Pada Repository OpenSUSE Leap Wine sudah dimasukkan versi terakhirnya yaitu versi 1.7, jadi tidak perlu menambah repository OFFICIAL WINE. Cukup menjalankan perintah berikut :

zypper in wine

Paket yang diinstall lumayan banyak, jadi agak lama. Kecuali koneksi kenceng :-P. Setelah selesai install wine, Install Microsoft Visual C++ 2008 nya via wine, karena LINE membutukan Microsoft Visual C++ 2008 nya supaya dapat berjalan caranya :

winetricks vcrun2008

Tunggu sampai proses selesai

Install Line

Oke, Wine sudah, sekarang tinggal install Linenya. Pertama Download Aplikasi Official Line untuk Windows pada Link Berikut :

Download Line

Masuk ke Folder Download | Klik kanan pada Aplikasi yang sudah di Download | dan Open With Wine. dan jalankan mengikuti Wizard.

Line Instal First

Tadaaa, Jika sudah selesai maka tampilannya seperti berikut :

Line Instal ok

Jadi saya gak perlu buka HP lagi dan gaperlu nunggu waktu lama untuk buka aplikasinya. Tapi….. di PC ini tidak sehebat di android, Line di PC tidak bisa untuk lihat TIMELINE guys :-(. Satu-satunya¬†kita harus dateng ke kantor LINE dan melakukan demonstrasi agar LINE di PC bisa ada Timelinenya wkwkw. Okeh semoga bermanfaat. Jika kurang jelas bisa mengikuti Video di bawah ini.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply